Profil

SISCA SOEWITOMO

image-credit-anggara-mahendra-kitchen-stage-sisca-soewitomo-gets-steamy-indus_27308175612_o image-credit-anggara-mahendra-kitchen-stage-sisca-soewitomo-gets-steamy-indus_27406400225_o image-credit-anggara-mahendra-kitchen-stage-sisca-soewitomo-gets-steamy-indus_27406401395_o image-credit-anggara-mahendra-kitchen-stage-sisca-soewitomo-gets-steamy-indus_26799499013_o

“Mudah bukan membuatnya?”

Ya, selorohan khas Sisca Soewitomo sewaktu memperlihatkan hasil karyanya dari dapur mininya terdengar seperti sebuah guyonan. Ahli tata boga dulunya dikenal masyarakat melalui acara demo memasak di salah satu televisi swasta ini, tentu tidak asing lagi bagi para peserta yang hadir dalam Ubud Food Festival pada 27-29 Mei 2016 lalu.

Diceritakan Sisca di sela demo masaknya dalam UFF, wanita berusia 67 tahun ini justru mendapat tawaran langsung untuk ikut serta mengisi acara di UFF dari Janet DeNeefe, pendiri UFF, saat keduanya bertemu di Frankfurt Book Fair 2015 silam. Sebagai sosok yang bergelut di dunia kuliner dan sangat mencintai aktivitas memasak, tawaran tersebut disambut bahagia. Sisca yang memang telah menyukai dunia kuliner sejak kecil ini merasa senang mendapat kesempatan berbagi dalam acara bertema “Go Local” tersebut.

***

Cooking with Love

Alumnus Universitas Trisakti jurusan Perhotelan ini terlihat sangat berbakat dan terampil memasak. Sisca pernah mendapat beasiswa untuk mendalami dunia kuliner di China Baking School, Taiwan, pada tahun 1980, dan American Institute of Baking, Manhattan, Amerika Serikat, pada tahun 1983. Menilik latar belakang pendidikan kulinernya, Sisca masih tetap menjadi pribadi yang rendah hati. Ahli tata boga kuliner ini banyak berharap pada chef-chef muda untuk selalu mengembangkan bakat dan talentanya, misalnya dengan belajar kembali ke sekolah-sekolah kuliner untuk menambah pengetahuan dan kemampuan.

Dengan latar belakang dan perjalanan karirnya di dunia kuliner, siapa sangka pemilik moto “Cooking with love” ini ternyata memiliki definisi sederhana untuk makanan enak dan makanan sehat. Baginya, makanan enak adalah makanan yang dimakan dan dibeli banyak orang. Sedangkan, makanan sehat dalam dilihat dari porsi makanan yang kita konsumsi. Asalkan secukupnya saja, sudah tergolong makanan sehat. “Ya, makan sewajarnya saja, tidak perlu terlalu banyak. Sehat kan pilihan kita sendiri.” ujar Sisca.

Banyak kejadian berkesan yang dialami Sisca selama menjadi ahli tata boga. Salah satu yang diingatnya, adalah saat beliau pergi untuk mengisi demo masak di daerah dan bertemu seorang ibu yang tiba-tiba saja memeluknya sembari berterima kasih atas jasanya berbagi beragam resep makanan yang bermanfaat. Dengan berjualan makanan menggunakan resep Sisca, ibu tersebut menyekolahkan anak-anaknya hingga menjadi sarjana. “Ya, tentu saja saya terharu. Ternyata, resep saya bisa berguna untuk banyak orang.” ujar wanita yang ternyata juga memfavoritkan salah satu buku karyanya yang berjudul “100 Resep untuk Jualan”.

Terhitung sudah lebih dari 100 buku resep masakan telah diterbitkannya. Tidak salah jika banyak yang menganggap Sisca sebagai Ratu Tata Boga. Dedikasinya selama lebih dari 50 tahun di dunia kuliner juga menjadi salah satu alasan nyata, terpilihnya Sisca Soewitomo menerima “Lifetime Achievement Award” dari Ubud Food Festival 2016. Tentu saja, Sisca sangat kaget. Diakuinya, penghargaan ini merupakan sebuah anugerah.

Ubud Food Festival adalah sebuah acara yang istimewa. Sisca mengaku bangga menjadi salah satu pengisi acara dalam festival kuliner tahunan ini. Sisca berharap, dengan adanya UFF ini, nantinya akan banyak yang tergerak untuk memulai festival kuliner di kota-kota lain seperti Ambon, Ujungpandang, Bukittinggi, dan sebagainya. “Festival kuliner seperti UFF ini masih bisa dikembangkan, salah satunya dengan menambah sajian hidangan-hidangan khusus atau khas Indonesia dan mendatangkan penulis maupun wartawan asing. Tujuannya untuk apa? Tentu saja, untuk mewartakan apa yang ada dan menduniakan sajian Indonesia.”

 

RELATED NEWS

Top
http://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png