Bisnis Online

Tren Internet Marketing 2017

TREN INTERNET

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sungguh menggoda. Dari 88 juta pengguna di tahun 2014, sekarang 2016 sudah mencapai 132 juta pengguna. Pertanda bahwa pertumbuhan ekonomi semakin baik dan internet semakin mudah serta murah dalam penggunaannya.

 

Internet sudah terbukti menjadi media murah dan efektif untuk keperluan sales marketing. Jangkauannya lebih luas dengan dibantu pertumbuhan jasa ekspedisi yang semakin mampu mengirimkan barang hingga ke pelosok daerah.

 

Potensi internet harus dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis kita. Tahun 2017 punya arti penting karena konsumen sudah banyak berkumpul dan menggunakan internet sebagai kebutuhan pokok dalam hidupnya. Maka hal yang berkaitan dengan digital marketing harus kita persiapkan agar mampu mendongkrak bisnis kita. Kali ini, mari kita bahas lebih dalam.

 

  1. Dominasi Smartphone

 

Hampir 70% pengakses internet menggunakan smartphone nya untuk browsing, bersosial media, komunikasi digital, berkirim email, dan bertransaksi. Mereka akan siap melahap konten informasi langsung dari smartphone. Bahkan langsung melakukan transaksi di mana transfer uang sudah cukup mudah dengan aplikasi.

 

Segala komunikasi bisnis mayoritas diarahkan ke website. Siapkan website Anda agar responsif, tampil sempurna di smartphone. Berikan kanal komunikasi yang berbasis smartphone agar Anda responsif berinteraksi dengan konsumen. Sediakan WhatsApp, Line, ataupun telegram di smartphone Anda.

 

  1. Video Marketing

 

Koneksi internet semakin murah dan semakin cepat. Provider semakin memperbesar kuota penggunaan data. Maka konsumen semakin rajin membuka konten video. Dulu, data gambar mampu mewakili jutaan makna dalam kata-kata. Sekarang, video lah yang mampu mengungguli konten teks dan gambar. Video mampu menjelaskan konten yang kompleks, lebih menarik dan memuat banyak pesan dalam sebuah peristiwa.

 

Penelitian dari BrightCove menyebut bahwa, video merupakan jenis konten dengan perkembangan terbesar, bahkan, konten video diprediksi akan menguasai lebih dari 70% trafik internet di tahun 2017.

 

Konten video punya potensi viral di media sosial online jika isinya bermanfaat dan menghibur. Mulailah mencipta konten-konten video yang mewakili pola marketing Anda. Aplikasi pembuat video pun banyak. YouTube juga menyediakan alat pembuat video. Manfaatkan pula fitur live video dari Facebook.

 

  1. Alogaritma Google dan Facebook

 

Google adalah mesin pencari rujukan bagi konsumen. Sistem alogaritma bernama Panda dan Penguin yang diluncurkan oleh Google memastikan konsumen akan mendapatkan hasil pencarian yang baik. Google Panda akan menyeleksi konten yang berkualitas, murni dan tidak berbau abu-abu (copy paste). Google Penguin akan memerangi konten yang terindikasi bermain spam.

 

Pastikan bahwa Anda menyajikan konten yang asli, tulisan sendiri, dan original. Semakin rajin secara periodik menghasilkan artikel marketing, Google akan suka. Tambahkan website Anda dengan fasilitas blog atau berita. Menulislah yang bermanfaat dan berkaitan dengan produk Anda. Jangan lupa berikan fasilitas berbagi (share) ke Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lainnya pada halaman website Anda. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konten itu viral di media sosial.

 

  1. Email Marketing

 

Kegiatan berkirim email kepada konsumen adalah cara lama. Namun masih efektif untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Bahkan akan menciptakan viral (forward) tersendiri di jaringan sekelilingnya. Teruslah berkirim kabar kepada konsumen Anda. Jika belum punya konsumen, carilah alamat-alamat email di surat kabar, tabloid, kartu nama ataupun media cetak lainnya. Jangan gunakan email pribadi (cc atau bcc) untuk berkirim email massal. Gunakan fasilitas kirim email marketing milik mailchimp.com. Gratis!

 

Oleh Hendra W Saputro (BOC Indonesia)

@idboc | www.boc.co.id

RELATED NEWS

Top
http://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png