Kuliner

5 Food Trends dengan Wajah Baru di Tahun 2017

KULINER VANIA

Dari Sayuran Serba Ungu Hingga Freakshake

Oleh Vania Valencia David | theculina.com |@theculina

Tahun baru selalu identik dengan tren baru, tak terkecuali di dunia kuliner. Memasuki tahun 2017, dunia kuliner internasional disambut dengan beragam hidangan berwajah baru dan inovasi yang unik. Beberapa di antaranya bahkan diprediksikan akan booming sepanjang tahun 2017 dan menjadi tren terkini di kalangan instagramers maupun foodbloggers! Wah, apa saja sih food trends tersebut?

1. The Power of Veges

Para pencinta sayuran boleh berbahagia karena tahun 2017 adalah tahunnya veges! Jika biasanya sayuran hanya menjadi pendamping makanan, tahun ini diramalkan sayuran akan dijadikan bahan utama mulai dari hidangan appetizer, main course, hingga condiment sauce seperti yogurt dan sour cream. Hal ini tidak lepas dari gaya hidup sehat yang mulai popular baik di kalangan remaja maupun dewasa.

Menurut Whole Foods yang melakukan penelitian tentang consumer behaviour secara global, sayuran serba ungu seperti kubis ungu, jagung ungu, asparagus ungu, hingga ubi ungu akan naik daun. Bukan karena warnanya saja yang menarik, tetapi sayuran ungu juga memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dibandingkan dengan sayuran biasa. Selain itu, kembang kol dan kelapa juga diprediksikan akan menjadi sayuran yang mendominasi.

2. Polynesian Food Fever

Jika tahun lalu instagram digegerkan dengan kehadiran food bowl trend seperti smoothie bowl dan Buddha bowl, tahun ini konsep makanan di dalam bowl akan terus berlanjut namun dengan taste yang berbeda. Dilansir dari survey yang dilakukan oleh food retail terbesar di Inggris, Waitrose menemukan adanya tren Polynesian Food dalam bowl yang mulai bermunculan di instagram para remaja Inggris. Salah satu menu yang paling popular adalah Hawaiian Poke Salad – terdiri dari ikan mentah seperti tuna atau salmon yang dipotong dadu besar kemudian di-marinate dengan air jeruk nipis, kecap asin, dan minyak wijen serta disajikan dengan nasi dan sayuran. Hmm, sekilas mirip dengan masakan Jepang ya?

3. Cocktail Generasi Terbaru

Tidak hanya makanan, inovasi terbaru juga telah diciptakan para mixologist untuk memanjakan lidah para cocktail lovers di tahun 2017. Awal tahun ini, Hotel Cafe Royal London bekerja sama dengan salah satu brand parfum ternama Paris, Givenchy menciptakan cocktail series berbau parfum yang dalam waktu singkat menjadi buah bibir dan diprediksi akan mendunia. Disamping wewangian, trend charcoal yang tahun lalu banyak digunakan sebagai bahan pewarna hitam burger bun dan pastry ternyata juga menjadi inspirasi tersendiri bagi para bartender untuk menciptakan charcoal cocktail.  Selain rasanya yang bikin penasaran, cocktail ini tengah menjadi incaran para foodblogger karena warnanya yang elegan dan sangat fotogenic. Trend cocktail ini sudah mulai meluas di negara Eropa dan hanya tunggu waktu saja untuk dinikmati di dalam negeri!

4. Watermelon Water ala Beyonce

Minuman lainnya yang patut di-highlight adalah watermelon water. Baru-baru ini, industri minuman digegerkan oleh penyanyi terkenal Beyonce yang melakukan investasi di salah satu brand minuman botol berbasis air semangka. Berita ini menimbulkan spekulasi bahwa watermelon water akan laris di pasaran, bahkan sanggup menggantikan coconut water yang selama ini populer di kalangan para olahragawan. Dilansir dari DailyMail UK, ternyata watermelon water memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Dikemas dengan elektrolit dan asam amino, air semangka botolan ini dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan kinerja tubuh.

5. Freakshake si Monster Kalori

Ternyata tidak semua food trend 2017 mengarah ke healthy food. Disaat food trend Eropa berbondong-bondong mempopulerkan clean eating, Australia justru datang dengan Freakshakes yang kadar kalorinya tidak terhitung! Sesuai namanya freak, penampilan milkshake anti-mainstream ini memang jauh dari elegan. Jangan pernah membayangkan topping whip cream yang tertata rapi dengan garnish buah cantik, freakshakes justru terkenal akan topping berantakan yang menjulang tinggi – dari donat, ice coned, waffle, cakes, lolipop, coklat, biskuit, hingga gulali semua bisa dijadikan sebagai bahan garnish! Freakshakes sudah mulai diadaptasi oleh beberapa kafe dalam negeri dan diperkirakan akan menjadi objek yang viral bagi para instagramers tahun ini.

 

RELATED NEWS

Top
http://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png