SPORT & ENTERTAINTMENT
MotoGP

Debutan KTM

GP

Seri perdana MotoGP 2017 baru akan digulir pada 26 Maret 2016 dengan sirkuit Qatar, Losail menjadi venue pembukanya. Meski masih cukup lama, semua tim tentu sudah mulai mempersiapkan motor dan pembalapnya agar mampu mencapai target yang mereka inginkan. Uji coba perdana bahkan sudah dilakukan oleh semua tim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 15-16 November 2016 kemarin.

Terlepas dari segala persiapan teknis yang telah dilakukan, berbagai perubahan dan hal baru yang akan mewarnai musim balap depan jelas memancing rasa keingintahuan para pecintanya. Dari sisi pembalap tentu pindahnya Lorenzo ke Ducati serta datangnya Vinales dari Suzuki yang mengisi kursi lamanya di Yamaha menjadi isu yang paling ramai dibicarakan. Namun, jangan lupa jika musim 2017 MotoGP juga dipastikan makin ramai dengan kehadiran pabrikan asal Austria, KTM.

Untuk kali pertama KTM akan bersaing di kelas para raja setelah sebelumnya banyak meraih sukses di kelas 125 cc, 250 cc hingga Moto3. Mengusung motor RC16 sebagai jagoannya nanti, KTM akan menjadi satu-satunya motor kelas utama yang menggunakan Rangka Tralis Baja. Membekali diri dengan dapur pacu mesin V4 1000cc, KTM mengklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 250 Hours Power.

Menengok berbagai persiapan dan segala uji coba yang telah dilakukan sejak tahun 2014, sepertinya KTM jauh lebih siap dari tim Aprilia yang telah lebih dulu memulai debutnya pada musim kemarin. Yang hasilnya terbilang cukup mengecewakan karena tidak mampu menghasilkan gebrakan apapun sepanjang musim kemarin.

Untuk urusan rider, KTM telah resmi membajak dua rider Yamaha Tech3 musim lalu yaitu Pol Espargaro dan Bradley Smith untuk berlaga di musim 2017 nanti. Keberhasilan mendaratkan dua pembalap tersebut menjadi angin segar bagi semangat sebuah tim baru yang ingin cepat berkembang. Sebab pengalaman keduanya dianggap akan sangat membantu dalam perjalanan dan pengembangan motornya nanti. Dengan dukungan penuh dari pabrikan serta ditambah dua rider yang cukup berpengalaman , KTM diprediksi mampu bakal mengejutkan di tahun pertamanya di kelas MotoGP.

***

Teks oleh OPPIX BORNEO

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png