Digital Life

Fix Your Habit!

wwf still200_oleh_syauqi_tuasikal SustainableI1134x350_tcm8-72551 smart-phone-app-energy-saving shutterstock_124539607-phone-plant  ECO

Mengubah kebiasaan Anda dalam rangka mendukung aksi hemat energi dan ramah lingkungan mungkin sulit. Namun beberapa aplikasi ini bisa membantu Anda dalam menuju perubahan tersebut.

 

Sustainablel

Aplikasi ini mungkin bisa membuat Anda terkecoh pada awalnya. Tampilannya sekilas seperti sebuah aplikasi permainan, lengkap dengan animasi sederhana. Namun coba Anda membuka salah satu ikon, rumah misalnya, maka kemudian Anda diminta untuk memasukkan data penggunaan energi sehari-hari. Sustaianblel ibarat sebuah jurnal yang mencatat bagaimana Anda menggunakan energi selama sehari-hari. Catatan ini kemudian dijadikan patokan bagi Anda jika ingin mulai mengurangi penggunaan air dan listrik misalnya. Tidak hanya kehidupan di rumah, Sustainablel akan memonitor penggunaan energi di perjalanan hingga jenis makanan yang lebih ramah lingkungan untuk dikonsumsi.

 

Eco Charger

Ketika sedang mengisi ulang daya ponsel, umumnya pengguna tetap membiarkan ponselnya dalam kondisi charging walau daya sudah terisi penuh. Padahal kebiasaan ini, selain dapat merusak perangkat, juga boros listrik. Eco Charger berfungsi sebagai pengingat Anda, ketika daya baterai ponsel sudah terisi penuh. Tidak banyak pilihan menu yang diberikan, namun begitu Anda mengaktifkan aplikasi ini, otomatis akan memantau proses pengisian. Ketika daya sudah terisi 100%, Eco Charger akan memperingatkan pemilik perangkat dengan notifikasi suara hingga Anda mencabut charger jadi stop kontak.

 

Oroeco

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Sustainablel, namun Oroeco lebih berfokus pada sisi ekonomi. Terdapat 5 tab begitu Anda membuka aplikasi ini; Overview, Impacts, Actions, Community, Profile. Pada tab actions, Oroeco tidak hanya membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran finansial, namun bagaimana mengatur penggunaan emisi karbon agar tidak berlebihan. Terdapat komunitas yang bisa Anda masuki dan berbagi mengenai tips-tips dalam menghemat energi. Oroeco juga akan menunjukkan pada Anda dampak yang terjadi atas penggunaan energi yang telah dilakukan. Sayangnya, aplikasi ini belum berjalan secara global, hanya untuk area Amerika Serikat saja.

 

WWF Seafood Advisor

Bagi Anda penyuka makanan laut, Anda mungkin perlu menggunakan aplikasi ini. Seafood Advisor akan membantu Anda memilih berbagai jenis ikan secara bijak sehingga mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem laut. Begitu membuka halaman utamanya, Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis pangan laut seperti udang, tuna, bawal, dan lain-lain. Pilih salah satunya, dan kemudian beberapa info tambahan dihadirkan. Seafood Advisor memberi info berupa karakteristik makanan, bagaimana cara penangkapan serta budidayanya. Pada tab menu tersedia pilihan, Panduan, Retail, Recipe, News, dan Favorites. Mengingat aplikasi ini masih berbentuk Beta, maka fitur yang diberikan belumlah lengkap.

 

 

RELATED NEWS

Top
http://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png