Featured

Food for the body, mind, and soul

DSC_4101

Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat dikonsumsi. Jenis makanan sesuai dengan kelompoknya dapat diketahui dari piramida makanan. Tubuh tentu membutuhkan asupan gizi yang baik. Apakah makan makanan sehat saja sudah cukup? Sebenarnya, Anda tidak hanya membutuhkan makanan untuk tubuh saja, tetapi juga ‘makanan’ untuk pikiran dan jiwa. Ketiganya penting, untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa agar seseorang dapat menjalani hidup dengan baik.

Food for the body

picnic_on_the_beach_food_summer_sea_clouds_hd-wallpaper-1832662

Makanan memberikan ‘informasi’ pada tubuh. Jika ‘informasi’ yang diterima tidak tepat, maka metabolisme tubuh akan menurun. Anda harus mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang dan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Anda harus mengonsumsi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga. Selain itu, lengkapi menu dengan sayur, buah, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Sayur maupun buah yang kaya serat dan vitamin akan meningkatkan kesehatan tubuh sedangkan protein tanpa lemak dan lemak sehat dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kalori yang lebih sedikit, yang merupakan kunci dalam menjaga berat badan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional, pastinya Anda harus tetap berolahraga dengan rutin.

Food for the mind

167314167

Jika sudah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, jangan lupa memberikan makanan untuk ‘pikiran’ Anda. Dengan semakin pesatnya perkembangan di era modern ini, informasi dan pengetahuan baru dari berbagai bidang dapat diakses dengan mudah lewat jaringan internet. Di samping itu, Anda tentu masih dapat mempertahankan kecintaan Anda terhadap media cetak maupun buku.

Hal yang paling penting sebenarnya adalah menumbuhkan budaya membaca yang harus dimulai dari diri sendiri. Pengetahuan yang didapat setelah membaca merupakan ‘makanan’ baru untuk pikiran. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin baik Anda dapat mengatasi setiap tantangan untuk dihadapi.

Biasakan diri untuk membaca setiap hari. Kebiasaan membaca dapat berfungsi sebagai hiburan, menstimulasi mental, melatih otak agar tetap aktif, mengurangi stres, menambah kosa kata, meningkatkan daya ingat, fokus, dan konsentrasi.

Selain membaca, ‘makanan’ untuk pikiran Anda juga bisa diperoleh dari pengalaman dan kemampuan mendengarkan serta menghargai orang di sekitar Anda. Bukalah mata untuk melihat dunia pasang telinga untuk mendengarkan masukan dari orang lain. Biarkan hal-hal positif dari orang lain menjadi salah satu menu Anda, namun tetaplah menyaring informasi yang diperoleh dengan bijaksana.

Food for the soul

talk-credit-with-friends

Setelah tubuh dan pikiran mendapatkan asupan nutrisi dan informasi yang cukup, jangan abaikan ‘makanan’ untuk batin Anda. Hal apa saja yang penting untuk batin Anda? Sedikitnya, ada dua hal yaitu waktu dan hubungan. Beri waktu untuk diri Anda dan bangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Berbahagia dengan kehidupan yang Anda jalani. Jika ada hal yang membuat Anda merasa gagal di masa lalu, maka maafkan diri Anda dan coba memulai hal baru.

It’s never too late to start over. If you weren’t happy with yesterday, try something different today. Don’t stay stuck. Do better.

Sangatlah penting untuk bersyukur atas apa yang Anda miliki sekarang. Biasakan untuk mengucap rasa syukur dimulai dari mensyukuri setidaknya lima hal sebelum Anda beranjak dari tempat tidur setiap harinya. Rasa syukur akan menarik hal-hal positif datang. Tunjukkan apresiasi dan penghargaan terhadap hal-hal di sekitar Anda.

Tertawa juga menjadi obat dan makanan yang sehat untuk diri Anda. Dengan tertawa, Anda dapat melemaskan otot-otot dan melepaskan ketegangan. Hal ini dapat memperlancar aliran darah dan memperbaiki tidur, sehingga memudahkan tubuh Anda untuk memulihkan diri baik secara fisik maupun mental.

***

 

 

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png