SPORT & ENTERTAINTMENT
MotoGP

START MOTOGP 2016

HW9djlk Jorge-Lorenzo-celebration-Qatar-MotoGP-2016 Qatar-2016-race-results The-Field-Qatar-MotoGP-2016

Kibaran bendera start di sirkuit Doha, Losail – Qatar 20 Maret 2016 menandakan dimulainya musim balap motogp 2016.

Balapan yang digelar malam hari tersebut tentu disambut antusias penggemar balap roda dua ini. Bagaimana tidak, berbagai drama di akhir musim kemarin ditambah dengan beberapa perubahan yang harus merepotkan persiapan pembalap dan tim membuat semua para pecintanya penasaran.

Kejutan dimulai dari hasil kualifikasi yang menghadirkan Maveric Vinales dengan motor Suzuki miliknya di posisi ketiga. Catatan waktunya hanya mampu dikalahkan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di tempat pertama dan kedua.

Tak jauh berbeda saat kualifikasi, awal jalannya balap malam di Qatar dimulai dengan kehati-hatian para pembalap. Adaptasi dengan kondisi motor dan ban yang baru dirasa belum cukup untuk menghadirkan performa yang terbaik. Beberapa lap awal kejutan datang dari duo Ducati, Iannone dan Dovizioso yang beriringan memimpin di depan. Ducati Desmosedici GP 2016 yang digunakan kedua pembalapnya terbukti bekerja baik.

Memasuki lap ke-5, duel sengit duo Ducati di posisi terdepan diakhiri dengan terjatuhnya Andrea Iannone hingga harus mengakhiri balapan lebih cepat. Selanjutnya aksi overtacking Lorenzo terhadap Dovi membawanya ke posisi terdepan. Posisi yang terus bertahan hingga akhir balapan. Lorenzo keluar sebagai juara disusul Dovizioso dan Marc Marquez di podium kedua dan ketiga.

Dari hasil motogp Qatar, terbukti beberapa pembalap masih terlihat kesulitan dengan kondisi motornya masing-masing. Hal ini dibuktikan dengan tidak bayaknya aksi overtacking dalam balapan. Pekerjaan rumah yang berat menanti semua tim, terutama bagi kubu Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang hanya mampu menguntit di posisi keempat dan kelima sepanjang balapan.

Hadirnya Lorenzo sebagai pemenang di Qatar memperpanjang catatan kemenangan Yamaha di sirkuit malam ini setelah raihan yang sama Valentino Rossi pada tahun lalu. Menatap seri-seri selanjutnya, perhatian justru tertuju pada pembalap-pembalap Ducati dengan Desmosedici barunya. Konsisitensi mereka diharapkan mampu merubah peta kekuatan yang beberapa tahun ini selalu dikuasai Yamaha dan Honda.

Seri motogp selanjutnya akan dilangsungkan dua minggu berturut-turut di Termas de Rio Hondo – Argentina (3 April 2016) dan Austin – Amerika (10 April 2016).

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png