SPORT & ENTERTAINTMENT
Movie Review

THE LEGENDARY MUSICAL MOVIE

Teks oleh Alexander A. Ermandomovi-tv vintage-movie cadodo

inferno

Judul   : The Sound of Music

Sutradara : Julie Andrews, Christopher Plummer

Pemeran : Robert Wise

Distributor : 20th Century Fox

Tahun :  1965

 

Bagi kaum muda, nama Julie Andrews terdengar asing. Namun coba tanyakan pada para orang tua, nama aktris kenamaan ini tentu familiar, dan bisa jadi langsung dikaitkan dengan film The Sound of Music. Berdasarkan memoar berjudul The Story of the Trapp Family Singers karya Maria Von Trapp dan diadaptasi dari pertunjukan musikal Broadway berjudul sama, The Sound of Music merupakan film yang populer dan bahkan dikenang sebagai salah satu film musikal terbaik hingga sekarang.

 

Alkisah Maria, seorang biarawati muda di sebuah biara di kota Salzburg, Austria, hidup dengan gayanya yang energik dan penuh semangat. Namun sayangnya, para biarawati senior merasa sikapnya tidak menunjukkan dirinya sebagai biarawati yang layak. Maka, Suster Kepala Biara meminta pada Maria untuk rehat sejenak dari kehidupan biara dan menjadi pengasuh anak-anak untuk keluarga Von Trapp, keluarga yang cukup terpandang di Salzburg. Awalnya menolak, Maria pun akhirnya menyetujui keputusan tersebut.

 

Alangkah kagetnya Maria, begitu melihat bagaimana Kapten Von Trapp, seorang purnawirawan angkatan laut, mendidik kelima anaknya. Kapten Von Trapp mendidik anakanaknya dengan cara militer yang penuh kedisiplinan. Lima orang anaknya itu pun tampak begitu tertutup dan jarang berkomunikasi dengan Sang Ayah. Mengandalkan sifat dirinya, Maria lantas mengajak anak-anak tersebut untuk berani membuka diri, dengan berbagai lagu ciptaannya. Begitu Kapten Von Trapp mengetahuinya, ia begitu murka kepada Maria. Meski demikian, kemarahannya langsung sirna begitu melihat betapa indahnya nyanyian anak-anaknya. Maria yang awalnya diusir karena perbuatannya, diminta untuk tetap tinggal. Malah, tanpa disadari Maria jatuh cinta kepada Kapten Von Trapp, begitu juga sebaliknya.

 

Keduanya menikah dan seluruh keluarga begitu berbahagia. Namun kebahagiaan itu tak bertahan lama; Adolf Hitler dari Jerman mulai menggaungkan agresi Nazi ke seluruh Eropa, termasuk ke Austria. Mau tidak mau, keluarga Von Trapp harus kucing-kucingan dengan pasukan Nazi hingga akhirnya melarikan diri ke daerah terpencil.

 

The Sound of Music adalah film lawas tahun 1965, tak heran citarasa klasiknya begitu kental. Layaknya film-film klasik, kekuatan akting para aktornya masih terpengaruh oleh panggung teater. Justru inilah kekuatan utamanya; para pemeran di film ini beraksi begitu natural, tidak dipaksakan dan tidak berlebihan. Begitu juga pemeran kelima anak Von Trapp yang masih menunjukkan kepolosan dan keluguannya sebagai anak-anak. Sementara itu, kota Salzburg, Austria, begitu terekspos dengan baik, dengan banyaknya aerial shot serta landscape shot. Apalagi ketika adegan Maria dan anakanak Von Trapp berkeliling kota Salzburg sambil bernyanyi riang. Jangan lupakan juga deretan lagu-lagu yang dimainkan dalam film ini, membuat Anda seakan sedang menyaksikan pertunjukan teater secara langsung.

 

The Sound of Music sukses baik secara finansial maupun kritik. Film ini begitu populer di masanya, menjadikannya film di urutan kelima dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa. Oscar pun mengganjarnya dengan lima penghargaan, termasuk Best Picture dan Best Director. Begitu juga Golden Globe yang memberikan penghargaan untuk Best Motion Picture dan Best Actress.

 

THE DAVINCI CODE: INFERNO

Pemain : Tom Hanks, Felicity Jones, Ben Foster, Irrfan Khan

Sutradara : Ron Howard

Produser : Brian Grazer, Ron Howard

Distributor : Columbia Pictures

Tanggal Rilis : 28 Oktober 2016 (Amerika Serikat)

 

Setelah terakhir kali muncul dalam Angels & Demons (2009), Robert Langdon kembali dengan aksi heroik yang yang memancing nalar. Berdasarkan buku karya Dan Brown berjudul sama, kali ini Robert Langdon (Tom Hanks) akan berpetualang menyusuri Eropa. Terbangun dalam keadaan amnesia di sebuah rumah sakit di Italia, ia dibantu oleh dokter Sienna Brooks (Felicity Jones) untuk mengembalikan ingatannya. Sementara itu, bersamasama, mereka harus menghentikan aksi seorang pria yang akan menyebarkan virus secara global, yang mampu melenyapkan separuh populasi dunia. Sebagai ahli interpretasi simbol, Robert Langdon harus memecahkan semua petunjuk dan jejak yang ditinggalkan, sebelum bencana besar terjadi.

 

CATATAN DODOL CALON DOKTER

 

Pemain : Adipati Dolken, Tika Bravani, Donna Harun, Adi Kurdi

Sutradara :  Ifa Ifansyah

Produser : Ardiansyah Solaiman, Indrayanto Kurniawan

Distributor : Radikal Films

Tanggal Rilis : 27 Oktober 2016 (Indonesia)

 

Berdasarkan catatan karya Ferdiriva Hamzah, Catatan Dodol Calon Dokter berkisah tentang Riva (Adipati Dolken), seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang sedang menjalani program pendidikan calon dokter alias menjadi ko-asisten (ko-ass). Berbagai kejadian konyol pun dialami oleh Riva selama menjalani program tersebut. Akibat kelalaian yang sering dilakukannya, ia mulai ragu dengan pilihannya menjadi dokter. Puncaknya, kematian seorang pasien membuatnya tersadar akan panggilan dan tanggung jawabnya sebagai dokter. Riva juga harus berjuang untuk mempertahankan Evi (Tika Bravani), sahabatnya sejak SMA, ketika ia menyadari bahwa telah tumbuh cinta di antara keduanya.

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png