Featured

To Be or Not To Be Tech-Savvy

012115_2033_TransformYo1 Nick-Gentry-Floppy-Disk-Art-6

Kini, semuanya serba digital. Perkembangan teknologi berimbas pada munculnya banyak gadget, aplikasi, dan alat-alat canggih yang tidak terbayangkan sebelumnya. Dari masa Thomas Alva Edison penemu bola lampu atau Michael Faraday penemu listrik, hingga kini bermunculan para inventor muda dengan hasil karya dan kreativitas mereka.

Anda pernah menonton film “Back to the Future” yang ditayangkan pertama kali pada tahun 1985?  Dalam film tersebut, diceritakan si pemeran utama pernah datang ke masa depan , tepat tanggal 21 Oktober 2015. Film ini mengundang dan menggelitik banyak orang dengan perbandingan yang terjadi antara tahun pertama film tersebut diluncurkan hingga tahun ini. Banyak adegan dalam film ini menampilkan teknologi yang kini telah menjadi kenyataan seperti teknologi video call, food hydrator, hingga film 3 dimensi. Bukan tidak mungkin jika pada tahun-tahun mendatang kita benar-benar dapat mendirikan pemukiman di luar angkasa, seperti yang sekarang sedang dirancang para ilmuwan Belanda dengan proyek Mars-One mereka.

Digitalisasi membawa banyak perubahan pada kehidupan kita. Dulu, kita membutuhkan berminggu-minggu untuk sekedar mengirim surat dengan pos ke benua lain, kini semuanya lebih mudah dan cepat dengan email. Penyebaran informasi, kelancaran komunikasi, dan kemudahan dalam berbagai hal dapat dari kemajuan teknologi.

Bukan berarti, kemajuan ini tidak menimbulkan dampak buruk juga. Isu yang cepat menyebar juga kadang menimbulkan perselisihan atau masalah. Bahkan, kenyamanan yang ditawarkan oleh alat-alat canggih di era teknologi bisa membatasi manusia saling berinteraksi satu sama lain secara langsung. Orang akan lebih sibuk mengobrol dengan gadgetnya daripada mengobrol dengan teman di sebelahnya. Tidak jarang pula ditemukan orang yang terjangkit gangguan adiksi internet yang sangat mengganggu. Di China, bahkan disediakan rumah sakit khusus untuk mengatasi penyakit yang sudah menjadi ekstrem ini.

Jadi sebenarnya, perlukah digitalisasi? Tentu saja perlu! Hanya saja, masyarakat juga harus menyadari dampak baik dan buruk yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi. Jangan kaget dengan kemajuan zaman dan jangan takut bersaing dan berkembang di dalamnya.

***

Digitalize and maximize your life!

Saat Anda sudah siap dengan perubahan yang dibawa oleh kemajuan teknologi, lambat-laun tidak terasa kebiasaan atau pola hidup Anda juga akan berubah. Kebiasaan menulis di kertas diganti dengan mengetik di depan layar komputer. Selain itu, Anda dapat memaksimalkan gadget untuk mengunduh berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan atau mendukung kegemaran Anda.

Mengikuti perkembangan teknologi juga membutuhkan biaya yang bisa dikatakan tidak sedikit. Membeli laptop untuk media penyimpanan video, foto, musik, maupun dokumen penting bukanlah hal yang harus dipermasalahkan. Apakah biaya yang dikeluarkan setimpal dengan yang didapat?

Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari kemajuan teknologi. Jika suka menulis, Anda bisa mengembangkan website dengan konten yang Anda inginkan. Anda juga dapat mempekerjakan orang untuk membuat template website yang menarik atau mengisi konten website tersebut. Perusahaan seperti Google memberikan penawaran menggiurkan  untuk para pengembang website melalui fitur Google Adsense miliknya. Pemilik website hanya perlu meningkatkan trafik pengunjung ke website mereka, mendaftarkan ke sistem Google Adsense, menerima pembayaran setiap bulannya dari aktivitas para penjelajah internet yang berkunjung ke website mereka.

Kini, banyak orang mengembangkan perusahaan untuk mengelola SEO (Search Engine Optimization) atau social media management yang ditawarkan pada perusahaan-perusahaan baru. Anda juga bisa memulai dari sekarang untuk menjadi seorang digital entrepreneur.

Hal paling simple yang bisa dimanfaatkan dari teknologi adalah kemudahan belajar berbagai hal. Tidak cukup belajar di kampus atau kursus? Anda masih dapat mengikuti kelas kursus online dari berbagai institusi. Coba saja kunjungi website www.futurelearn.com, ada banyak pilihan kursus online yang disediakan gratis untuk Anda.

So, are you ready to digitalize and maximize your life?

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png