Featured

What is Fashion?

0c60b12d916f61082b5c2f6436ffa236

 

Fashion bukan merupakan istilah untuk menggambarkan segala hal yang baru atau paling populer. Fenomena ini melibatkan hal-hal yang lebih penting. Fashion bukanlah hal yang tidak dapat dideskripsikan, tetapi gambaran setiap orang mengenai fashion tentu berbeda-beda. Pada akhirnya, fashion merupakan bentuk ekspresi dari setiap orang.

Ada pepatah lama seperti “You are what you wear”. Pribadi seseorang tercermin dari cara ia berbusana. Fashion bagaikan sebuah informasi visual. Segalanya dapat terlihat, cara Anda memilih busana menunjukkan sikap Anda kepada hal-hal maupun perkembangan yang ada di sekitar Anda, tidak terkecuali tren fashion.

Fashion Trends

Tren fashion selalu berubah dari tahun ke tahun. Jika kita menilik puluhan tahun yang lalu, ada beberapa tren fashion yang terulang. Hal ini wajar karena fashion sendiri merupakan sesuatu yang fleksibel. Masyarakat modern kita menciptakan semacam fashion branding. Tren fashion jelas mempengaruhi gaya hidup untuk beberapa orang. Perkembangan fashion di Indonesia tidak dapat terlepas dari perkembangan fashion dunia.

Jadi sebenarnya, siapa yang bisa menjawab definisi dari fashion? Siapa yang memutuskan apakah sesuatu termasuk modis atau tidak? Salah satunya, tentulah para fashion desainer. Para perancang busana hadir di tengah masyarakat sebagai kalangan yang memperhatikan perkembangan dunia fashion bahkan memprediksi atau menciptakan tren mode yang potensial berkembang pada paling tidak satu tahun sesudahnya. Selain itu, pemberitaan media juga mempengaruhi tren fashion yang ditiru oleh khalayak. Media menjadi salah satu faktor yang menentukan kiblat fashion.Terutama kini, saat kehidupan publik figur mudah sekali terekspos karena pemberitaan media. Hal yang dinilai cukup unik, baru, dan layak diikuti serta-merta menjadi tren fashion baru di kalangan masyarakat.

Ada pula yang berpendapat bahwa para musisi ikut andil dalam arah dunia fashion. Dalam konteks ini, perlu dibedakan antara tren dan ikon fashion. Elvis Persley terkenal sebagai ikon fashion pada masanya. Tren berarti mode yang berkembang, misalnya saja tren busana rock and roll saat musik ini banyak digemari.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak dapat membedakan produk fashion yang berkembang pada tahun ini atau tahun lalu, tentu saja selama Anda tidak bekerja di perusahaan produk fashion tersebut. Yang terpenting ialah, apakah Anda menyukai gaya berbusana Anda atau tidak.

***

Berikut beberapa gambaran mengenai tren fashion dunia yang berkembang dari tahun 1920 – sekarang:

1920-an: Pada masa kebangkitan fashion dunia ini, musik jazz dan tarian glamor juga mulai berkembang. Gaya berbusana yang disebut Melindrosa atau Flapper menjadi trenpada masa ini. Pemakainya cenderung menggunakan make-up berlebih dan terkesan menyukai kehidupan bebas dengan minum alkohol dan merokok.

 

1930-an: Orang tidak lagi berbusana glamor melainkan lebih kasual. Pakaian yang dipilih lebih longgar, tertutup, dan berbahan tebal yang menciptakan kesan feminin. Banyak yang memilih menggunakan gaun yang panjangnya mencapai pergelangan kaki.

40s Fashion Dresses carolina-herrera-rtw-fw2013-candids-01-mimi-ritzen-crawford_132617309441

1940-an: Pada masa perang dunia ini, banyak kaum perempuan yang mengenakan busana kaum pria seperti blazer dengan bantalan busa di bagian bahu yang dipadukan dengan rok selutut atau sedikit lebih panjang. Warna yang kebanyakan dipilih antara lain biru tua, coklat, dan hitam.

 

1950-an:Busana mulai diproduksi dari bahan nilon, orlon, dan dracon. Gaya berbusanasegar namun tidak terlalu glamor berkembang. Masyarakat mulai meniru gaya Audrey Hepbrun yang memerankan tokoh Holly Golightly dalam Breakfast at Tiffany’s dengan model rok yang sering disebut Rok Poodle. Sedangkan, gaya berbusana di akhir tahun 50-an dipengaruhi oleh Merylin Monroe yang disebut pin up.

modateniscom_br_hippie1

1960-an: Busana cerah dan motif floral atau ramai digemari. Pakaian longgar dan penggunaan syal sebagai pengikat kepala telah menjadi ciri khas pecinta gaya hippie pada masa ini.

 

1970-an: Berkembangnya musik disko dan ikon fashion yang dibawa oleh John Travolta dalam film ‘Saturday Night Fever’ membuat banyak orang cenderung memilih menggunakan celana gombrong dan cutbray.Gaya berbusana punk dengan baju hitam, ornamen metal tajam dan make-up mencolok populer akhir tahun 1970-an.

 

1980-an: Tren busana kantoran juga mulai berkembang. Para wanita banyak menggunakan gaya berbusana yuppie atau ‘young urban professional’ dengan aksen minimalis. Sebagai contoh, perpaduan blazer dengan rok atau celana panjang kain.

595ffda88a38d8c299174a1553112b4c

1990-an: Pakaian kedodoran yang menjadi ciri para pemusik rap banyak digandrungi pada masa ini. Selain itu, outfit fitness dengan legging juga banyak digemari.

Cavalera

2000-an: Masa ini disebut indie era, di mana gaya berbusana tidak banyak dipengaruhi oleh mode fashion sebelumnya. Busana dengan kesan modern seperti kaos V-neck, jaket kulit, atau sweater longgar, dan sepatu kanvas menjadi pilihan. Beberapa gaya dari retro hingga vintage dipadukan.

hister  2010 tumblr_nnj7yxohDC1uqw9t8o1_1280

2010-an: Busana anti konservatif yang kerap disebut hipster menjadi tren. Banyak atribut fashion seperti kacamata besar, sepatu boots tinggi, penutup kepala, jaket, dan tasvintage adalah atribut wajib masa ini.

 

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png