Featured

WHEN WE TALK ABOUT ENTREPRENEURSHIP

1

 

Bisnis merupakan hal yang bisa dibahas dari berbagai sudut pandang. Membangun bisnis bukan hanya tentang mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, tetapi juga menjalankan strategi agar bisnis tetap terlihat eksistensi dan perkembangannya. Modal yang dipersiapkan sebelum berbisnis juga beragam, mulai dari uang, lokasi, tenaga kerja, bahkan mental.

Berwirausaha kini menjadi hal yang menarik. Banyak orang berbondong-bondong memikirkan ide berwirausaha. Bagaimana tidak, dengan berwirausaha, waktu kerja menjadi lebih fleksibel. Kita bertindak sebagai bos untuk diri kita sendiri. Diri kitalah yang mengatur jadwal kerja kita. Meskipun demikian, setiap orang juga harus bijaksana sebelum memulai usaha. Yakinkan diri sendiri bahwa berwirausaha bukanlah pelarian dari pekerjaan sebelumnya, melainkan langkah yang harus diambil. Hal seperti konsistensi dan keuletan menjadi aspek penting dalam berwirausaha.

2

 

So, What kind of Business?

Akhir-akhir ini, usaha kecil menengah (UKM) semakin berkembang. Ada banyak bidang yang bisa dijamah usaha kecil menengah (UKM) ini mulai dari kuliner, biro perjalanan, reservasi tiket, industri barang-barang kerajinan, dan masih banyak lagi. Bertanyalah pada diri sendiri untuk menentukan produk atau jasa yang dingin Anda kembangkan. Anda harus mengetahui hal yang penting bagi Anda. Seperti sebuah pepatah klasik, “Do what you love, and love what you do.” Jika Anda suka makan atau memasak, maka usaha kuliner tentu sangat potensial untuk Anda jalankan.

Selain itu, pertimbangkan manfaat dari usaha Anda. Selain pemahaman Anda terhadap jenis usaha Anda, ada beberapa aspek lain yang perlu ditelaah seperti perubahan, pasar, dan kompetitor. Tonjolkan kelebihan dan keunikan produk atau jasa Anda agar mampu bersaing di pasar.

Anda perlu melakukan riset pasar dulu jika ingin terjun sebagai seorang wirausaha. Ini tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maupun permintaan pasar. Bukan berarti Anda harus melulu mengikuti tren pasar, setidaknya Anda mengerti dulu konsekuensi dari pemilihan produk atau jasa dari usaha Anda. Riset pasar juga dilakukan untuk membantu Anda mengambil langkah saat menjalankan usaha Anda.

3

Tips: To Be Entrepreneur

Salah satu cara untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan wirausaha adalah berteman dengan para pengusaha. Anda akan mendapat ilmu lebih dengan berbagi pikiran dan pendapat dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia kewirausahaan. Ada banyak pelaku usaha dari berbagai bidang yang bisa ditemui, mulai dari yang ada di lingkungan sekitar.

Mengetahui informasi dan pengetahuan berbisnis juga sangat penting. Selain berkumpul dengan para pelaku bisnis, Anda dapat memperbanyak membaca majalah bisnis atau mendaftarkan email Anda di situs yang banyak membahas tentang bisnis. Anda harus memiliki role model yang dapat dicontoh. Ada beberapa pengusaha sukses yang dapat menjadi inspirasi. Anda bisa menganalisa bisnisnya, mempelajari etos kerjanya, kemudian menerapkannya pada diri sendiri dan usaha Anda. Tidak ada salahnya jika Anda menambah bacaan berupa autobiografi para pengusaha sukses untuk memotivasi diri sendiri.

Usaha jelas membutuhkan modal. Dari mana modal untuk membuka usaha Anda? Gunakan uang tabungan, pinjam ke bank dengan sistem pengembalian cicilan, atau jual beberapa barang yang bisa menambah modal usaha Anda. Sebelum melakukannya, yakinkan diri sendiri, berikan target dan jangka waktu untuk mengembalikannya tepat waktu. Jangan sampai usaha yang Anda buka justru menambah hutang yang mempersulit Anda.

Usaha Anda membutuhkan orang-orang yang bisa diandalkan untuk mengelolanya. Pilih tim yang benar sebagai tangan kanan Anda. Hargai mereka dan mereka juga akan menghargai Anda.

Pada akhirnya, bisnis yang sudah berjalan harus terus dikembangkan.Evaluasi harus terus dilakukan.Nantinya, posisikan diri sebagai pelanggan dan lakukan analisa.Jangan lupa melakukan survey kepada pelanggan mengenai produk atau jasa usaha Anda dan gunakan kritik dan saran mereka agar usaha semakin berkembang.

***

Jadi, sudah siap membangun bisnis dari sekarang?

RELATED NEWS

Top
https://www.infopedas.com/wp-content/uploads/2021/09/logo-pedas.png